Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar

Nurina, 291325000 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Model Pembelajaran]
Preview
Text (Pendidikan; Model Pembelajaran)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan salah satu contoh proses interaksi antara guru dan siswa di dalam kelas yang mendiskusikan mata pelajaran yang membahas tentang materi, perubahannya, dan dinamika yang menyertainya, adapun materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu materi koloid.Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, tanpa beban, dan aktif melibatkan siswa adalah Joyful Learning atau pembelajaran menyenangkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Joyful Learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre eksperimen (one shot case study), maka untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket gaya belajar siswa, adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar, dan adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini yakni kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar yaitu siswa kelas dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian persentase gaya belajar visual siswa persentasenya sebesar 56,7 % dalam katagori cukup, dan gaya belajar audio siswa persentasenya sebesar 43,3 % dalam katagori cukup, sehingga dapat disimpulkan selisihkeduanya yang memiliki gaya belajar visual dan yang memiliki gaya belajar audio sebesar 13,3 %. Hasil analisis data pada uji normalitas diperoleh hasil posttest adalah normal dengan nilai signifikan untuk posttest 0,150 > 0,05 hal ini menandakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. sedangkan pada uji t satu sampel (one Sample t Test) diperoleh hasil yakni nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar audio yang artinya adanya pengaruh pengaruh model pembelajaran Joyful Learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Baitussalam pada materi koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M. Pd; 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Joyfull Learning, Hasil Belajar, Gaya Belajar, Koloid
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: nurina ahmad
Date Deposited: 12 Dec 2017 08:54
Last Modified: 22 Mar 2018 07:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item
View Item