Analisis Pesan Dakwah dalam Serial Animasi Nussa Official

Maisal Jannah, 150401028 (2020) Analisis Pesan Dakwah dalam Serial Animasi Nussa Official. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pesan Dakwah dalam Serial Animasi Nussa Official]
Preview
Text (Analisis Pesan Dakwah dalam Serial Animasi Nussa Official)
Maisal Jannah, 150401028, FDK, KPI, 082226735510.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pesan Dakwah dalam Serial Animasi Nussa Official”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam serial animasi Nussa dan mengetahui keladanan tokohnya. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunaka metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Selanjutnya teknik sampling penelitian menggunakan sampel acak sederhana (simple random sampling). Hasil penelitian didapatkan bahwa animasi Nussa dan Rarra merupakan animasi islami yang menyampaikan pesan-pesan dakwah bil hal, bil lisan, dan bil qudwah dengan nilai nilai aqidah, syariah, dan akhlak. Keteladan tokoh pada serial animasi Nussa dan Rarra sesuai dengan karakter tokoh yang ditampilkan dan pesan yang disampaikan. Hampir setiap episode yang peneliti jadikan sebagai sampel penelitian menunjukkan karakter dari tokoh yang pantas untuk dijadikan teladan bagi penonton. Selain pesan-pesan yang disampaikan memiliki nilai islami, moral, dan pelajaran lainnya, serial animasi ini juga dikemas dengan unik dan lucu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animasi, Pesan, Dakwah, Karakter
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maisal Jannah
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:01
Last Modified: 16 Jul 2021 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17850

Actions (login required)

View Item
View Item