Penggunaa Alat Peraga Kubus Satuan dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar

Raudhatul Fitri, 201325048 (2017) Penggunaa Alat Peraga Kubus Satuan dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pendidikan; Metode Pengajaran; Alat Peraga)
SKRIPSI RAUDHATUL FITRI 201325048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penggunaan alat peraga yang tidak bervariasi, membuat siswa bosan dan jenuh dalam pembelajaran dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa rendah terhadap materi pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang kubus dan balok. Selain itu dalam materi tersebut guru lebih sering menggambarkan di papan tulis. Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi di kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Penggunaan alat peraga kubus satuan menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut, khususnya pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan alat peraga kubus satuan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran matematika di kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar yang berjumlah 23 siswa dengan KKM individual 67 dan klasikal 80%, sedangkan pengumpulan data menggunakan: lembar observasi dan tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 88,8%, dan meningkat pada siklus II yaitu 97,7%, dan pada siklus III yaitu 97,7% sama dengan pada siklus II. (2) Aktifitas siswa pada siklus I yaitu 67,8%, meningkat pada siklus II yaitu 80,4% dan meningkat pada siklus III yaitu 92,2%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 47,8%, meningkat pada siklus II yaitu 74% dan meningkat pada siklus III yaitu 87%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag; 2. Nida Jarmita, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Alat Peraga
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rossa Fitri
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:28
Last Modified: 14 Dec 2017 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item
TOP