Isolasi dan Uji Aktivitas Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Biji Kopi Robusta (Coffea canephora) Asal Kecamatan Lamno Jaya sebagai Antikapang Aspergillus dan Penicillium

Nur Arfadilla, 160703007 (2021) Isolasi dan Uji Aktivitas Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Biji Kopi Robusta (Coffea canephora) Asal Kecamatan Lamno Jaya sebagai Antikapang Aspergillus dan Penicillium. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Isolasi dan Uji Aktivitas Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Biji Kopi Robusta (Coffea canephora) Asal Kecamatan Lamno Jaya sebagai Antikapang Aspergillus dan Penicillium]
Preview
Text (Isolasi dan Uji Aktivitas Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Biji Kopi Robusta (Coffea canephora) Asal Kecamatan Lamno Jaya sebagai Antikapang Aspergillus dan Penicillium)
Nur Arfadilla, 160703007, FST, BIO, 082360778164.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Isolasi bakteri asam laktat dilakukan dari biji kopi Robusta asal Lamno. Penumbuhan BAL menggunakan media selektif MRSA. Hasil isolasi diperoleh 7 isolat, semua isolat berbentuk batang dan bersifat Gram positif, warna putih susu dan krem. Aspergillus niger diperoleh dari isolasi biji kopi yang rusak dengan menggunakan metode Blotter test, dan isolat Penicillium diperoleh dari koleksi laboratorium Institut Teknologi Bandung. Pengujian aktivitas antikapang dari isolat BAL terhadap Aspergillus niger dan Penicillum dilakukan dengan metode difusi sumuran.. Tidak diperoleh aktivitas antikapang dari 7 isolat BAL terhadap Aspergillus niger. Tetapi pengujian aktivitas antikapang isolat BAL terhadap Penicillium menunjukkan hasil berbeda-beda yaitu : aktivitas lemah (BK5 4,65 mm, BK6 2,8 mm), sedang (BK7 5,1 mm), dan kuat (BK2 20,5 mm, BK3 15,15 mm, BK4 13,5 mm). Berdasarkan uji katalase semua isolat menunjukkan reaksi negatif katalase sehingga tidak dapat menghasilkan H2S. Terdapat 1 isolat mampu memfermentasi laktosa dan sukrosa, dan 6 isolat lainnya tidak mampu memfermentasi glukosa, laktosa, dan sukrosa. Pada pengujian produksi gas CO2 menunjukkan tiga isolat bersifat heterofermentatif yaitu isolat BK2; BK6; BK7, dan terdapat empat isolat bersifat homofermentatif yaitu isolat BK1, BK3, BK4, BK5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakteri Asam Laktat, Antikapang, Aspergillus, Penicillium
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Nur Arfadilla
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:39
Last Modified: 02 Sep 2021 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item
View Item