Pengaruh Pasar Modern terhadap Operasional Pedagang pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Suzuya Mall Banda Aceh terhadap Perekonomian Pedagang Pasar Seutui)

Muhammad Rizal Syahputra, 160602093 (2021) Pengaruh Pasar Modern terhadap Operasional Pedagang pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Suzuya Mall Banda Aceh terhadap Perekonomian Pedagang Pasar Seutui). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pasar Modern)
Muhammad Rizal Syahputra, 160602093, FEBI, ES, 082364154015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dilihat dari sudut pandang pasar tradisional keberadaan pasar modern yang berlokasi dekat dengan pasar tradisional mempengaruhi usaha dagang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Suzuya Mall terhadap operasional pedagang tradisional di Pasar Seutui serta mengkaji tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap bentuk persaingan tersebut. Data diperoleh melalui metode observasi dan wawancara terstruktur pada kelompok pedagang, pembeli dan beberapa pihak Suzuya Mall. Metode analisis dilakukan secara deskriptif komparatif antara Pasar Seutui dan Suzuya Mall. Hasil penelitian ini adalah konsumen lebih memilih Suzuya Mall karena sistem yang lebih baik mulai dari pelayanan, diskon yang besar serta keadaan yang nyaman. Persaingan pasar yang terjadi antara Pasar Seutui dan Suzuya Mall ditinjau dari Etika Bisnis Islam dari segi prinsip tauhid, keduanya belum maksimal dalam menjalankan ibadah saat waktu shalat tiba, dalam hal pakaian sudah menutup aurat,. Dari segi prinsip keseimbangan, beberapa pedagang masih menetapkan harga yang berbeda bagi konsumen tetap dan baru. Dari segi prinsip berkehendak bebas, keduanya memberikan kebebasan kepada pembeli untuk membeli atau tidak. Dari prinsip tanggung jawab, pedagang pasar seutui membolehkan menukar barang yang cacat dengan barang yang lebih baik, Suzuya Mall tidak bertangggung jawab atas produk cacat yang sudah dibeli. Dan dari prinsip ihsan, keduanya tidak saling menjatuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rizal Syahputra Rizal
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:07
Last Modified: 06 Sep 2021 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17992

Actions (login required)

View Item View Item
TOP