Pertanggungjawaban Dana Desa di Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie

Meisy Wulan Sari, 170802032 (2021) Pertanggungjawaban Dana Desa di Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pertanggungjawaban Dana Desa Di Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie)
Meisy Wulan Sari, 170802032, FISIP, IAN, 081260621584.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Blang Dhod adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Desa Blang Dhod merupakan desa yang mendapatkan dana desa yang bersumber dari APBN. Dana Desa Ini pertama kali dikucurkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2014. Dengan adanya dana desa ini Gampong Blang Dhod Sudah terlihat beberapa Pembangunan seperti pembangunan jalan lorong, pagar meunasah dan lain-lain. Akan tetapi setelah pergantian perangkat desa pada tahun pertama yaitu tahun 2019 sudah bagus, tetapi pada saat masuk tahun kedua yaitu tahun 2020 ada penurunan kualitas pengunaan dana desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme Pertanggungjawaban Dana Desa di Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban Dana Desa masih kurang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dengan perangkat Gampong Blang Dhod, jika di bandingkan dengan peraturan pemerintah dalam negeri itu tidak sesuai antara jawaban dari perangkat desa setempat dengan permendagri nomor 20 tahun 2018 pada bagian ke empat yaitu bagian pelaporan dan pertanggungjawaban. salah satu hal yang menjadi kurangnya pertanggungjawaban dana desa yang di buktikan dengan tidak adanya informasi yang jelas kepada masyarakat mengenai penggunaan dana desa baik itu di media online maupun offline, sehingga banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui anggaran yang habis apakah sesuai dengan yang sudah dianggarkan dan dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Meisy Wulan Sari Meisy
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:55
Last Modified: 31 Aug 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17993

Actions (login required)

View Item View Item
TOP