Identifikasi Tumbuhan Di Pekarangan Sma N 15 Takengon Sebagai Referensi Tambahan Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Ola Ashira, 170207020 (2021) Identifikasi Tumbuhan Di Pekarangan Sma N 15 Takengon Sebagai Referensi Tambahan Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Tumbuhan Di Pekarangan Sma N 15 Takengon Sebagai Referensi Tambahan Materi Klasifikasi Makhluk Hidup] Text (Identifikasi Tumbuhan Di Pekarangan Sma N 15 Takengon Sebagai Referensi Tambahan Materi Klasifikasi Makhluk Hidup)
Ola Ashira, 170207020, FTK, PBL, 081377178314.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK

SMA N 15 Takengon merupakan salah satu sekolah unggulan yang berada di Aceh Tengah. Sekolah ini memiliki pekarangan yang luasnya mencapai 1 hektar, di dalamnya terdapat tumbuhan yang beranekaragam dan banyak ditumbuhi oleh tumbuhan Spermatophyta. Namun, tumbuhan yang berada di pekarangan sekolah tidak dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran biologi. Karenanya peneliti hendak memanfaatkan pekarangan sekolah sebagai sumber belajar siswa dalam materi identifikasi tumbuhan. Hasil peneltian ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis tumbuhan yang berada di pekarangan sekolah, untuk mengetahui hasil uji kelayakan media pembelajaran, dan mengetahui respon siswa terhadap buku referensi tambahan identifikasi tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 42 Family tumbuhan Spermatophyta dari 73 Spesies tumbuhan. Berdasarkan hasil validasi skor yang diberikan oleh 4 validator terhadap buku referensi tambahan yang terdiri dari 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media, mendapatkan skor 79,25% dengan kategori layak dan hasil respon siswa terhadap buku referensi tamabahan mendapatkan skor sebesar 81,48% dengan kategori sangat layak.

Kata Kunci : Eksploratif, Spermatophyta, Referensi Tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksploratif, Spermatophyta, Referensi Tambahan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ola Ashira Ola
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:27
Last Modified: 31 Aug 2021 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item
View Item