Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Lhoong Aceh Besar

Widia, 170201051 (2021) Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Lhoong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Snowball Throwing]
Preview
Text (Penerapan Metode Snowball Throwing)
Widia, 170201051, FTK, PAI, 085297886711.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Metode mengajar merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya pengajaran. Maka dari itu kegiatan pembelajaran memerlukan inovasi pembelajaran agar peserta didik lebih semangat dan mempunyai motivasi dalam belajar lebih giat lagi. Akan tetapi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Lhoong Aceh Besar masih sangat minim dikarenakan masih menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, tanya jawab dan lainnya, hal tersebut membuat siswa mudah bosan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Lhoong Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Lhoong Aceh Besar dengan penerapan snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar peserta didik berupa pree test dan post test dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 24 Mei 2021 sampai 29 Mei 2021 di SMPN 3 Lhoong Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peningkatan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat pada pree test siklus I peserta didik memiliki ketuntasan belajar sebesar 10,71%, pada post test siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 64,28% dan pada post test siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 82.14%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam dengan penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widia Widia
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:24
Last Modified: 31 Aug 2021 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17998

Actions (login required)

View Item
View Item