Pembiayaan Produktif dan Konsumtif pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro: Prosedur dan Mekanisme Akad

Uswatun Hasanah, 041300776 (2016) Pembiayaan Produktif dan Konsumtif pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro: Prosedur dan Mekanisme Akad. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang pembiayaan produktif dan konsumtif serta prosedur dan mekanisme akad pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro)
Uswatun Hasanah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (852kB) | Preview

Abstract

Dalam penyelesaian Laporan Kerja Praktik, penulis melakukan Kerja Praktik pada salah satu instansi PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro. Bank Aceh Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang usaha pokoknya menghimpun dana, menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan, dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang operasionalnya disesuaikan dengan prinsip syariah. Tujuan Kerja Praktik adalahuntuk mengetahui jenis pembiayaan produktif dan konsumtif serta prosedur dan mekanisme akad pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro. Salah satu produk pembiayaan paling populer di bank tersebut yaitu pembiayaan murabahah yang terdiri dari pembiayaan produktif dan konsumtif. Pada pembiayaan produktif peruntukannya hanya untuk usaha produksi dan modal kerja bagi usaha kecil, menengah, dan besar baik berupa usaha produksi rumahan, perseorangan dan lembaga hukum. Untuk pembiayaan konsumtif, hanya diberikan untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemerintah maupun swasta, tidak untuk usaha produksi dengan menggunakan prosedur dilihat dari gaji atau pendapatan calon nasabah tersebut. Pembiayaan konsumtif kebanyakan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder seperti pembelian rumah, kendaraan, dan barang-barang berharga lainnya.Prosedur yang digunakan dalam pembiayaan produktif tidak sama dengan prosedur yang terdapat dalam pembiayaan konsumtif. Lain halnya dengan prosedur, akad yang digunakan dalam pembiayaan produktif dan konsumtif sama antara satu dengan yang lain. Yaitu sama-sama mengunakan akad murabahah. Sedangkan untuk prosedurnya, pada pembiayaan produktif dilihat dari jenis usaha yang dijalankan dan agunan yang diberikan oleh nasabah dan prosedur pembiayaan konsumtif yaitu hanya dilihat dari kemampuan nasabah untuk membayar pembiayaan tersebut (gaji). Kebutuhan nasabah untuk suatu usaha umumnya meliputi kebutuhan modal kerja dan kebutuhan investasi. Sedangkan kebutuhan konsumsi dapat dibedakan atas kebutuhan primer (pokok atau dasar) dan sekunder.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA; NIP. 1975045 200112 1 003; 2. Dr. Azharsyah, SE.AK, M. S.O.M; NIP. 19781112 200501 1 003
Uncontrolled Keywords: Produktif, Konsumtif, Mekanisme Akad
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 09:53
Last Modified: 27 Jul 2017 09:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item
TOP