Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dikelas Viii Mtss Mardhatillah Kota Subulussalam

Nurhalijah, 170207017 (2021) Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dikelas Viii Mtss Mardhatillah Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Alat Per Aga Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dikelas Viii Mtss Mardhatillah Kota Subulussalam]
Preview
Text (Penggunaan Alat Per Aga Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dikelas Viii Mtss Mardhatillah Kota Subulussalam)
Nurhalijah, 170207017, FTK, PBL, 082286583950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar Biologi pada materi sistem pernapasan pada manusia di MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam salah satunya disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar juga dipengaruhi oleh keaktifan belajar siswa yang masih pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan penggunaan alat peraga dengan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode konvensional pada materi sistem pernapasan di MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design yaitu Pre-test Post-test Non- equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk melihat keaktifan siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data keaktifan belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala likert dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga dengan kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Persentase N-gain kelas eksperimen sebesar 0,7 (tinggi) sedangkan N-gain kelas kontrol 0,46 (sedang). Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional yang mana thitung >ttabel yaitu 9,11>1,68 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Sistem Pernapasan, Keaktifan, Hasil Belajar.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurhalijah Nurhalijah
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:26
Last Modified: 31 Aug 2021 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item
View Item