Analisis Pengelolaan Zakat Oleh Baitul Mal Gampong dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Gampong Keramat Kota Banda Aceh

Muhammad Haikal, 150602070 (2020) Analisis Pengelolaan Zakat Oleh Baitul Mal Gampong dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Gampong Keramat Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Zakat Oleh Baitul Mal Gampong dalam Meningkatkan Kesejahtera an Mustahik Gampong Keramat Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Pengelolaan Zakat Oleh Baitul Mal Gampong dalam Meningkatkan Kesejahtera an Mustahik Gampong Keramat Kota Banda Aceh)
Muhammad Haikal, 150602070, FEBI, ES, 0882277206404.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kehadiran Baitul Mal Gampong di seluruh Aceh menjadi salah satu jalan bagi pemenuhan kebutuhan mustahik. Beitul Mal Gampong di dalam pengelolaan zakat diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mustahik. Hanya saja, Baitul Mal Gampong yang ada saat ini belum sepenuhnya mampu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti dapat dilihat dalam pengelolaan zakat Baitul Mal Gampong Keuramat, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk tujuan mengetahui pengelolaan zakat oleh Baitul Mal Gampong Keuramat Kota Banda Aceh, dan untuk mengetahui dampaknya terhadap kesejahteraan mustahik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data-data penelitian dianalisis dengan cara deskriptif-analisis. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pengelolaan harta zakat oleh Baitul Mal Gampong Keuramat Banda Aceh dilakukan dalam bentuk zakat fitrah dan juga zakat mal. Pengelolaan zakat terdiri dari proses pengumpulan zakat, dan proses penyaluran zakat. Pengelolaan harta zakat dinilai cukup baik dan membantu memenuhi kebutuhan mustahik. Namun begitu, dana zakat yang dikelola itu belum berdampak secara signifikan terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena mustahik masih sangat tergantung dengan harta zakat di tiap tahun, dan belum mampu mengubah statusnya sebagai muzaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Arifin, Ph.D Pembimbing II : Rina Desiana, M.E
Uncontrolled Keywords: Zakat, Baitul Mal Gampong, Kesejahteraan, Mustahik.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Haikal
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:58
Last Modified: 01 Sep 2021 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18034

Actions (login required)

View Item
View Item