Pengelolaan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SD Islamic Vocational School Alfata Banda Aceh

Nur Raudhatul Jannah, 160206050 (2021) Pengelolaan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SD Islamic Vocational School Alfata Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SD Islamic Vocational School Alfata Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SD Islamic Vocational School Alfata Banda Aceh)
Nur Raudhatul Jannah, 160206050, FTK, MPI, 082286677766_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan karakter peserta didik adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan (planning), dilaksanakan (actuating), dan dikendalikan (evaluation) dalam kegiatan sekolah secara memadai. Namun permasalahan yang terjadi saat ini di masa pamdemi COVID-19 pembelajaran dilakukan secara online atau pembelajaran jarak jauh, oleh karena itu pengelolaan karakter yang baik diperlukan mengingat banyaknya pengaruh buruk yang terjadi seiring perkembangan zaman. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan karakter peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di SD Islamic Vocational School Alfata Banda Aceh, pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di SD Islamic Vocational School Alfata serta peluang dan tantangan pendidikan karakter dalam pembelajaran jarak jauh di SD Islamic Vocational School Alfata. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah kepala sekolah, guru pengelola karakter dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 dirancang seiring berjalannya pembelajaran jarak jauh, pembelajaran menggunakan metode daring (dalam jaringan). Peluang selama pembelajaran jarak jauh peserta didik dapat memanfaatkan teknologi yang kian hari semakin berkembang sedangkan tantangannya adalah pengharaman penggunaan android bagi peserta didik harus ditiadakan karena di masa pandemi peserta didik menggunakan android sebagai alat komunikasi dengan gurunya. Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh pihak-pihak terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Raudhatul Jannah Nur
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:14
Last Modified: 01 Sep 2021 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18036

Actions (login required)

View Item
View Item