Strategi Pemasaran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Penerimaan Peserta didik Baru di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar

Mufazzil, 160206051 (2021) Strategi Pemasaran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Penerimaan Peserta didik Baru di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Rniry.

[thumbnail of Strategi Pemasaran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Penerimaan Peserta didik Baru di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar]
Preview
Text (Strategi Pemasaran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Penerimaan Peserta didik Baru di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar)
Mufazzil, 160206051, FTK, MPI, 082360739342.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pemasaran pendidikan merupakan suatu program yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam upaya meningkatkan pelanggan (peserta didik). Pihak sekolah harus menentukan strategi pemasaran yang baik untuk mencapai keberhasilan lembaga pendidikan.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kebijakan pemasaran yang diprogramkan kepala sekolah pada SMPN 2 Indrapuri Aceh Besar, untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran yang sudah diterapkan di SMPN 2 Indrapuri Aceh Besar dan untuk mengetahui pengevaluasian terhadap strategi pemasaran yang dilaksanakan kepala sekolah di SMPN 2 Indrapuri Aceh Besar. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka humas dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kebijakan pemasaran yang diprogramkan kepala sekolah di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar yaitu pihak sekolah bekerja sama dengan alumni dan masyarakat dalam melaksanakan pemasaran sekolah, serta membentuk panitia pemasaran untuk membuat perencanaan, pelaksanan, pengawasan dan evaluasi terhadap pemasaran sekolah. 2) Perencanaan strategi pemasaran yang sudah di terapkan di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar yaitu pihak sekolah melakukan rapat kerja untuk membentuk panitia promosi yaitu PPDB kemudian melakukan musyawarah untuk menentukan sebuah perencanaan, pada proses perencanaan pihak sekolah menetapkan target dan tujuan, mengidentifikasi peluang dan hambatan, melaksanakan pemasaran, melakukan pengawasan terhadap pemasaran serta melakukan evaluasi penerimaan peserta didik. 3)Pengevaluasian terhadap strategi pemasaran yang dilaksanakan kepala sekolah di SMP Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar yaitu pihak sekolah melakukan rapat untuk melakukan evaluasi terhadap pemasaran sekolah, pada proses pengevaluasian pihak sekolah meninjau kembali perencanaan dan hasil yang sudah didapatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mufazzil Mufazzil
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:14
Last Modified: 01 Sep 2021 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item
View Item