Materialisme

Firdaus M. Yunus, 2004077703 (2019) Materialisme. 1 ed. 1, 1 (1). Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Bekerjasama dengan PT Bambu Kuning Utama, Banda Aceh. ISBN 978-623-91121-8-9

[thumbnail of Buku ini adalah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan PT Bambu Kuning Utama, dengan ISBN: 978-623-91121-8-9]
Preview
Text (Buku ini adalah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan PT Bambu Kuning Utama, dengan ISBN: 978-623-91121-8-9)
Buku Materialisme 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep materialisme yang disajikan dalam buku ini merupakan hasil dari bacaan yang dilakukan secara cermat atas konsep materialisme Barat dan Islam yang telah ditulis oleh penulis-penulis sebelumnya. Secara realistik cara pandang Barat terhadap materi dengan cara pandang Islam terhadap materi tentu saja berbeda, atas perbedaan tersebut buku ini ingin menyajikannya secara spesifik. Menurut pandangan umum bahwa materialisme sangat menekankan keunggulan material atas spritual, sebab dalam konsep materialisme semua unsur terdiri atas materi dan semua fenomena adalah hasil interaksi materi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data dilakukan melalui teknik penelusuran kepustakaan guna menemukan dokumen-dokumen berupa buku, jurnal, dan hasil penelitian yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Adapun hasil penelitian antara lain; kajian terhadap materialisme dalam dunia barat jauh-jauh hari sudah dilakukan oleh Demokritos (5 SM) tentang konsep atom. Konsep ini kemudian disempurnakan lagi oleh Karl Marx, Jean Paul Sartre, dan Jurgen Habersmas pada abad modern ini. Dalam konsep Barat semua materi adalah yang nyata, dan yang nyata adalah manusia bekerja. Konsep materi dalam dunia Barat jauh berbeda dengan konsep materi dalam dunia Islam, konsep ini dapat ditemukan pada karya Hassan Hanafi dan Murthada Muthahhari. Dalam konsep mereka, nilai materi dalam dunia Islam adalah nilai yang terikat oleh nilai-nilai spritualitas.

Item Type: Book
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 190 Modern Western and Other Non-Oriental Philosophy (Filsafat Barat Modern dan Selain Filsafat Timur)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Firdaus M. Yunus
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:22
Last Modified: 02 Sep 2021 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18047

Actions (login required)

View Item
View Item