Laporan Workshop Penyusunan Pedoman Merdeka Belajar - Kampus Merdeka UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Khatib A. Latief, 2011026501 (2021) Laporan Workshop Penyusunan Pedoman Merdeka Belajar - Kampus Merdeka UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Technical Report. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Laporan Workshop Pengelolaan Kampus Merdeka UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Laporan Workshop Pengelolaan Kampus Merdeka UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
LAPORAN Workshop Pengelolaan Kampus Merdeka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Workshop Pengelolaan Kampus Merdeka dilaksanakan tiga hari secara offline di ruang meeting LPM. Workshop ini perlu dilaksanakan karena ada perubahan arah kebijakan pendidikan tinggi sekarang. Salah satu perubahan tersebut adalah program studi menerapkan pembelajaran kampus merdeka di mana mahasiswa punya hak belajar tiga semester di luar perguruan tinggi. Hak belajar memerlukan kesiapan bukan hanya mahasiswa tetapi juga kampus, dan dosen. UIN Ar-Raniry menurut rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai Lembaga Pendidikan tinggi siap melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Karena UIN AR-Raniry menyadari para lulusan sekarang masih belum link and match dengan dunia kerja. Dengan dilaksanakan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan pembelajaran di perguruan tinggi lebih fleksibel dan dapat meningkatkan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sejatinya bukan hal sepenuhnya baru. Sebelum SKS diberlakukan sekitar tahun 1985, IAIN sudah terbiasa mahasiswa belajar antar prodi dengan Mata Kuliah tertentu seperti MK kode MKDU dan IN. Namun setelah penerapan SKS, mahasiswa lebih fokus pada bidang disiplin ilmu tertentu. Hari ini, hal merdeka belajar dikembalikan ke kampus adalah merupakan suatu hal yang positif. Karena itu menurut rektor Merdeka Belajar – Kampus Merdeka bukan merubah kurikulum yang telah ada tetapi melakukan penyesuaian di mana terutama penyesuaian di dalam perumusan CPL.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Khatib A. Latief
Date Deposited: 01 Sep 2021 14:51
Last Modified: 01 Sep 2021 14:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18052

Actions (login required)

View Item
View Item