Pengelolaan Sarana Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Mediasi di SMAN 1 Seulimeum

Lulu Yusilia, 170206057 (2021) Pengelolaan Sarana Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Mediasi di SMAN 1 Seulimeum. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Sarana Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Mediasi di SMAN 1 Seulimeum]
Preview
Text (Pengelolaan Sarana Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Mediasi di SMAN 1 Seulimeum)
Lulu Yusilia, 170206057, FTK, MPI, 082273301154.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Layanan mediasi merupakan salah satu jenis layanan yang terdapat dalam bimbingan dan konseling. Salah satu faktor pendukung keberhasilan layanan mediasi adalah ketersediaan sarana yang memadai. Sarana bimbingan dan konseling yang tersedia harus mampu didayagunakan dan dikelola dengan baik agar dapat mencapai tujuan layanan mediasi secara maksimal. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah sarana bimbingan dan konseling yang tersedia belum memadai untuk pelaksanaan layanan mediasi dan ruang bimbingan konseling yang tersedia tidak dapat menjamin privasi peserta didik. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sarana bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan mediasi di SMAN 1 Seulimeum. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, satu orang guru bimbingan dan konseling, serta tiga orang peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan sarana bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan mediasi dimulai dengan melakukan (1) analisis kebutuhan; (2) estimasi biaya; (3) menentukan skala prioritas; dan (4) penyusunan rencana pengadaan. Namun terdapat kendala dalam penyusunan rencana pengadaan ini yaitu kurangnya jumlah anggaran yang tersedia. Kedua, pelaksanaan sarana bimbingan dan konseling dalam layanan mediasi terdiri atas (1) pengadaan; (2) pendistribusian; (3) penggunaan dan pemeliharaan; (4) inventarisasi; serta (5) penghapusan. Ketiga, evaluasi sarana bimbingan dan konseling dilakukan secara berkala dan sampai saat ini sarana bimbingan dan konseling masih belum memadai untuk pelaksanaan layanan mediasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mumtazul Fikri, MA Pembimbing II : Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Sarana Bimbingan dan Konseling, LayananMediasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lulu Yusilia Lulu
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:38
Last Modified: 02 Sep 2021 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item
View Item