Peran Pemerintah terhadap Korban Konflik di Jambo Kepok Aceh Selatan

Mukhlis Akbar, 150801008 (2020) Peran Pemerintah terhadap Korban Konflik di Jambo Kepok Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Peran Pemerintah Terhadap Korban Konflik Di Jambo Kepok Aceh Selatan]
Preview
Text (Peran Pemerintah Terhadap Korban Konflik Di Jambo Kepok Aceh Selatan)
Mukhlis Akbar, 150801008, FISIP, IP, 082277149808.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sejarah tragedi Jambo Keupok merupakan sebuah peristiwa pilu yang dirasakan oleh warga. Dimana tindakan pihak TNI dengan menyiksa warga tanpa ada rasa belahan kasian sedikitpun yang akhirnya menelan korban dan harta benda. Perlakuan kejam ini sama sekali tidak manusiawi dengan suka hati mereka lakukan tindakan kekerasan terhadap warga yang tidak bersalah.
Peran pemerintah terhadap korban konflik di Jambo Keupok sejauh ini sudah ada denganmemberi perlindungan hukum, mengungkap semua pelaku-pelaku yang terlibat dalam peristiwa tersebutyang menghilangkan puluhan nyawa, harta, dan benda-bendayang berharga.Meskipun belum sepenuhnya terpenuhi hak para korban namun pemerintah sudah bertanggung jawab atas tragedi kekerasan yang menimpa warga Jambo Keupok tersebut.Dalam hal ini pemerintah juga terus memantau kondisi keluarga korban baik dari segi ekonomi, pendidikan, dan lapangan kerja.
Kondisi kehidupan sosial korban konflik pasca damai bisa dikatakan sudah lebih baik dari sebelumnya, mereka sudah beraktivitas seperti warga-warga yang lainnya. Hanya saja keluarga korban masih dirasakan trauma atas kejadian 17 tahun yang laluyang masih membekas sampai sekarang. Namun dalam hal ini untuk mengurangi kesedihan keluarga korban pemerintah memberi bantuan baik dalam bentuk rumah, uang tunai, membuka lapangan kerja, dan membiayai semua anak-anak korban konflik sampai tamat SMA. Namun jika ditinjau lebih jauh lagi adakesenjangan dalam memberi bantuan kepada pihak korban, karena selama pasca damai mereka menerima uang tunai hanya dua kali. Setersunya tidak pernah lagi baik dari Pemerintah Daerah, Kabupaten, Kecamatan, dan Keuchik Desa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mukhlis Akbar Mukhlis
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:40
Last Modified: 02 Sep 2021 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item
View Item