Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Konsep Harga Lelang Benda Jaminan pada Pegadaian Syariah Cabang Pembantu Syariah Bireuen

Azizawati, 150602090 (2020) Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Konsep Harga Lelang Benda Jaminan pada Pegadaian Syariah Cabang Pembantu Syariah Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Konsep Harga Lelang Benda Jaminan]
Preview
Text (Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Konsep Harga Lelang Benda Jaminan)
Azizawati, 150602090, FEBI, ES, 082277604416.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Konsep Harga Lelang Benda Jaminan Pada Pegadaian Syariah Cabang Pembantu Syariah Bireuen” ini bertujuan untuk mengetahui penentuan konsep harga lelang benda jaminan pada PT. Pegadaian Syariah Bireuen dan tinjauan ekonomi Islam terhadap konsep harga lelang benda jaminan pada PT. Pegadaian Syariah Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pimpinan dan karyawan Pegadaian Syariah Cabang Pembantu Syariah Bireuen serta para nasabah. Teknik pengumpulan dilakukan dengan wawancara, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penentuan konsep harga lelang benda jaminan pada PT. Pegadaian Syariah Bireuen mengutamakan keadilan, dengan melakukan surve ke harga pasar setempat dan harga pasar pusat untuk mengetahui berapa harga emas di pasar tersebut. Kemudian pihak pegadaian taksiran ulang dan menetapkan harga lelang untuk mengetahui berapa harga yang akan diberikan kepada pembeli lelang. Penentuan harga benda jaminan yang dilelang juga dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah cabang Bireuen dengan penjualan lelang yang setinggi-tingginya untuk melindungi nasabah dari kerugian. Tinjauan ekonomi Islam terhadap konsep harga lelang benda jaminan pada PT. Pegadaian Syariah Bireuen sudah sesuai. Hal ini karena sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli sudah sesuai dengan ekonomi Islam. Hal ini dibuktikan pada rukun jual beli menurut ekonomi Islam di antaranya ada penjual, pembeli, serah terima dan benda atau barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizawati Azizah
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:11
Last Modified: 03 Sep 2021 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item
View Item