Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Ayu Soraya Manalu, 150205120 (2021) Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama]
Preview
Text (Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama)
Ayu Soraya Manalu, 150205120, FTK, PMA, 082338891211.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Analisis kesalahan merupakan kegiatan yang mengurai, membedakan, memilah dan mengumpulkan informasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematis dan penyebab terjadinya kesalahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian terdiri atas 4 siswa dari 21 siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Mutiara Timur. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kesalahan menyatakan ulang sebuah konsep, siswa tidak mampu memahami sifat-sifat dan gambar segiempat; (2) kesalahan memberi contoh dan non contoh dari konsep, siswa tidak mampu menemukan gambar jajar ganjang dan trapesium yang diminta; (3) kesalahan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, siswa tidak dapat menentukan rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan persoalan dan tidak mampu menyelesaikan persoalan yang diberikan; dan (4) kesalahan mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah, siswa tidak mampu memodelkan soal ke bentuk matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan persoalan. Adapun faktor dari penyebab jenis kesalahan yang dilakukan siswa tersebut, diantaranya siswa sama sekali tidak paham dengan konsep keduanya dari jajar genjang dan trapesium, siswa tidak mampu mengenali gambar jajar genjang dan trapesium yang diminta pada soal; siswa tidak memahami rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal dan kurangnya waktu untuk menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam. M. Pd. Pembimbing II : Muhammad Yani, S. Pd.I., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayu Soraya Manalu
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:36
Last Modified: 03 Sep 2021 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item
View Item