Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Mr. Crack dari parepare

Fina, 170201072 (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Mr. Crack dari parepare. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Mr. Crack dari  parepare]
Preview
Text (Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Mr. Crack dari parepare)
Fina, 170201072, FTK, PAI, 0818549479.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karakter adalah fitrah manusia atau potensi bawaan sejak lahir yang harus terus dipelihara dan dikembangkan. Faktor utama yang mempengaruhi karakter anak adalah lingkungan, bisa saja karakter tersebut berdampak postif atau negatif tergantung kondisi dilingkunyan tersebut. untuk membentuk dan mengembangkan karakter anak dapat dilakukan melalui tri pusat pendidikan, baik pendidikan dalam keluarga, sekolah dan masyarakat. Melalui buku Mr. Crack dari parepare yang membahas tentang perjalanan kehidupan salah satu tokoh Indonesia yang sangat terkenal adalah Bacharuddin Jusuf Habibie, yang dapat dijadikan teladan bagi peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dari BJ. Habibie pada masa anak-anak dalam buku Mr.Crack dari parepare 2) untuk menjelaskan bagaimana proses pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Mr.Crack dari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka, dan menggunakan metode dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian 1) terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Mr.Crack dari Parepare yang terfokus pada saat BJ habibie masih anak-anak, yang meliputi: religius, jujur, kreatif, gemar membaca, rasa ingin tau, dan bersahabat. 2) Proses Pembentukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Mr. Crack dari parepare melalui: 1) pemahaman, dengan memberikan pengarahan dan pengertian tentang nilai-nilai yang ingin dibentuk. 2) pembiasaan, dengan melakukan contoh-contoh atau latihan-latihan yang dilakukan secara berulang-ulang, 3) keteladanan, orang tua harus memberikan contoh dan teladan yang baik kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fina Fina
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:53
Last Modified: 03 Sep 2021 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item
View Item