Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pterydophyta) di Kawasan Burni Ramung Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Materi Plantae di Man 1 Blangkejeren

Rahmahwati, 150207019 (2021) Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pterydophyta) di Kawasan Burni Ramung Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Materi Plantae di Man 1 Blangkejeren. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pterydophyta) di Kawasan Burni Ramung Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Materi Plantae di Man 1 Blangkejeren]
Preview
Text (Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pterydophyta) di Kawasan Burni Ramung Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Materi Plantae di Man 1 Blangkejeren)
Rahmahwati, 150207019, FTK, PBL, 081397852954.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran materi plantae di MAN 1 Blangkejeren mengalami sebuah kendala dalam proses belajar mengajar dikarenakan kurang tersedianya referensi pembelajaran yang terdapat disekolah tersebut. Sehingga berdampak terhadap minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku (2) untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan paku (3) untuk mengetahui kelayakan buku saku hasil penelitian tumbuhan paku (4) untuk pemamfaatan materi tambahan materi plantae. Penelitian ini dilakukan di kawasan Burni Ramung Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini mengunakan metode survey eksploratif dengan tehnik pengambilan secara purposive sampling. Analisis data jenis spesies, dan pemanfaatan hasil penelitian dianalisis dengan deskriftif kualitatif, sedangkan indeks keanekaragaman dan uji kelayakan menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu dengan indeks keanekaragaman dan rumus uji kelayakan. Hasil penelitian di Kawasan Burni Ramung Kabupaten Gayo Lues terdapat 31 jenis tumbuhan paku . Keanekaragaman tumbuhan paku di lokasi tinggi, dengan indeks keanekaragaman H’=3,04671298. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku saku dan herbarium sebagai referensi media pembelajaran materi plantae. Kelayakan Output dari hasil penelitian ini tergolong tinggi dengan persentase 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmawati Rahma
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:02
Last Modified: 06 Sep 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item
View Item