Penerapan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya

Hera Hasnita, 251222780 (2017) Penerapan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode Eksperimen Siswa]
Preview
Text (Metode Eksperimen Siswa)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran fisika materi gerak harmonik sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experimental yaitu Posttest Only Control Design dan Pretest Group Design. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa yaitu 6,09 > 1,72. Nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menerapkan metode eksperimen diperoleh nilai pre test adalah 37,38 dan post test 49,80, kemudian ketika menerapkan metode eksperimen di kelas eksperimen meningkat menjadi pre test 38,57 dan post test 76,66. Hasil uji nomalitas N-Gain kelas eksperimen didapat nilai N-Gain rata-rata 0,6. Sehingga mencapai kriteria N-Gain yaitu: N-gain sedang jika 0,3 < N-gain ≤ 0,7. Dan hasil uji normalitas N-Gain kelas kontrol di dapat nilai N-Gain rata-rata 0,13. Sehingga mencapai kriteria N-Gain yaitu: N-gain rendah jika N-gain ≤ 0,3. Berdasarkan hasil yang diperolah maka dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa akan semakin meningkat dan pencapaian KKM pun akan tercapai dengan maksimal dan diatas rata-rata 70. Bahkan nilai persentase aktivitas siswa pada RPP-1, RPP-2, RPP-3, RPP-4 dan RPP-5 dengan nilai rata-rata kebanyakan menyatakan kriteria sangat bai k adalah 91,522%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Lina Rahmawati, M.Si 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran; Pendidikan; Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms Hera Hasnita
Date Deposited: 06 Dec 2017 02:55
Last Modified: 06 Dec 2017 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item
View Item