Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata Berbasis Macromedia Flash Pada Kelas X (Studikasus SMKN 1 Darul Kamal, Aceh Besar)

Reza Mukthazar, 140212033 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata Berbasis Macromedia Flash Pada Kelas X (Studikasus SMKN 1 Darul Kamal, Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata Berbasis Macromedia Flash]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata Berbasis Macromedia Flash)
Reza Mukthazar, 140212033, FTK, PTI, 082319515561.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengemangkan media pembelajaran dan melihat minat siswa terhadap media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia flash pada siswa kelas X di SMKN 1 Darul Kamal. Adapun tujuannya untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran simulasi digital berbasis Macromedia flash, dan mengukur pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, singkatan dari analysis” (analisis), design ”(perancangan/perencanaan), development and ”implementation (pengembangan dan implementasi) dan evaluation (evaluasi). Model pengembangan ADDIE dapat digunakan utnuk pengembangan bahan pembelajaran pada ranah verbal, keterampilan intelektual, psikomotor, dan sikap sehingga sangat sesuai untuk pengembangan media pembelajaran mata pelajaran simulasi digital. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Penelitian ini telah menghasilkan pengembangan Media pembelajaran Simulasi Digital berbasis Macromedia flash, dan telah diuji melalui pembelajaran simulasi digital materi perangkat lunak pengolah kata pada siswa kelas X di SMKN 1 Darul Kamal. Produk media ini juga telah divalidasi oleh pakar ahli yaitu Mursyidin, M.T, dan Subhan, S. Pd. Adapun minat belajar siswa dengan penggunaan media ini mendapat respon positif dari siswa yaitu 98% siswa menyatakan sangat setuju. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran bisa diterapkan dalam pembelajaran Simulasi Digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Khairan, M. Kom 2. Zuhra Sofyan, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Simulasi Digital Untuk Meningkatkan Minat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Reza Mukhtazar
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:56
Last Modified: 06 Sep 2021 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item
View Item