Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Biologi Umum Di Masa Pandemi Covid-19

Asmia Rahmi, 160207138 (2021) Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Biologi Umum Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Biologi Umum Di Masa Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Biologi Umum Di Masa Pandemi Covid-19)
Asmia Rahmi, 160207138, FTK, PBL, 0822778835652.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi terbaik terhadap kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid 19. Prodi pendidikan biologi salah satu prodi yang ikut menerapkan pembelajaran daring, salah satunya pada mata kuliah biologi umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran apa saja yang digunakan mahasiswa pendidikan biologi pada pembelajaran daring untuk menunjang mata kuliah biologi umum serta persepsi mahasiswa pendidikan biologi UIN Ar-Raniry terhadap penggunaan media pembelajaran daring. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi UIN Ar-Raniry yang mengambil mata kuliah biologi umum di masa pandemi Covid-19 yang berjumlah 104 mahasiswa. sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 26 mahasiswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar wawancara dan lembar angket. Skor dari data hasil angket dihitung dengan statistik persentase menggunakan rumus P= F/N x 100. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang digunakan mahasiswa pada pembelajaran daring untuk menunjang mata kuliah biologi umum terdiri dari Zoom, Google meet, Laptop, Hp, Google classroom, Whatsapp dan Email dengan beberapa kendala yang dialami dalam proses penggunaan media pembelajaran yaitu ketidak stabilan jaringan internet, kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran, pengaruh kualitas gadged dan waktu belajar yang terbatas. Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran daring pada mata kuliah biologi umum di masa pandemi covid-19 secara keseluruhan memperoleh hasil 67,5%.dengan kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Biologi Umum, Covid-19.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Asmia Rahmi
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:37
Last Modified: 06 Sep 2021 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item
View Item