Pengaruh Media Power Point terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI SMAN Unggul Subulussalam

Roudhatul Hasanah, 150204118 (2021) Pengaruh Media Power Point terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI SMAN Unggul Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Power Point terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI SMAN Unggul Subulussalam]
Preview
Text (Pengaruh Media Power Point terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI SMAN Unggul Subulussalam)
Roudhatul Hasanah,150204118,FTK,PFS,082279192820.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik masih rendah pada pelajaran fisika khususnya materi Teori Kinetik Gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media power point terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Pre-test and Post-test Control Group Desain, yang melibatkan kelas kontrol XI IA1 yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas eksperimen XI IA2 yang berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil
perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 3,03 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif media power point terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Teori Kinetik Gas di SMAN Unggul Subulussalam. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata 79,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 71. Selain itu, juga dapat dilihat dari hasil angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran power point dengan pernyataan positif kriteria Sangat Setuju (SS) 41% dan Setuju (S) 51%, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria Sangat Tidak Setuju (STS) 61% dan Tidak Setuju (TS) 39%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Roudhatul Hasanah Oja
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:00
Last Modified: 08 Sep 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18115

Actions (login required)

View Item
View Item