Kerjasama Public Relation dengan Tenaga Pendidik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh.

Ayu Rama Dhayani, 170206001 (2021) Kerjasama Public Relation dengan Tenaga Pendidik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kerjasama Public Relation dengan Tenaga Pendidik  Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh.]
Preview
Text (Kerjasama Public Relation dengan Tenaga Pendidik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh.)
Ayu Rama Dhayani, 170206001, FTK, MPI, 082261042126.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kerjasama public relation dengan tenaga pendidik sangat penting dalam peningkatan mutu pendidik khususnya pada bidang Agama, bidang Sains, dan bidang Bahasa. Dengan adanya kerjasama public relation yang baik akan menimbulkan hubungan komunikasi dan interaksi antara sekolah dengan orang tua siswa, sekolah dengan masyarakat, dan sekolah dengan pemimpin daerah untuk membahas perkembangan kualitas mutu pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik dan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi public relation dengan tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh, untuk mengetahui model public relation dengan tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh, untuk mengetahui peluang dan tatangan public relation dengan tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif Analisis. Subjek penelitian adalah waka humas dan tiga guru bidang studi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi public relation dengan tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh sudah berjalan dengan baik. Kontribusi yang jelas akan memberikan kelancaran dan kemudahan dalam peningkatan mutu pendidikan. Kontribusi yang diterapkan mendapatkan respon positif dari internal dan external yang merupakan faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan. Kemudian model yang digunakan waka humas untuk peningkatan mutu pendidikan yaitu model simestris dua arah dimana informasi dan komunikasi itu saling dijaga antara sekolah dan publiknya, model ini diterapkan dalam menjalankan program dan kegiatan-kegiatan sekolah. Peluang dan tantangan yang dihadapi waka humas dan tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan adalah dengan membangun banyak link dengan sekolah, universitas, dan pemerintah. Sedangkan tantangan yang dihadapi masa pandemi semua kegiatan dan proses belajar mengajar dilakukan secara online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Public Relation dan Tenaga Pendidik dan Mutu Pendidikan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayu Rama Dhayani
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:34
Last Modified: 07 Sep 2021 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18128

Actions (login required)

View Item
View Item