Literature Review: Perbandingan Rendemen, Viskositas, Kekuatan Gel Gelatin dari Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar

Hayyun, 160704005 (2021) Literature Review: Perbandingan Rendemen, Viskositas, Kekuatan Gel Gelatin dari Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Literature Review: Perbandingan Rendemen, Viskositas, Kekuatan Gel   Gelatin dari Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar]
Preview
Text (Literature Review: Perbandingan Rendemen, Viskositas, Kekuatan Gel Gelatin dari Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar)
Hayyun, 160704005, FST, KIM, 082216844759.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produksi hasil perikanan di Indonesia perlu dijaga dan dipertahankan agar tetap menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat dipergunakan dengan baik. Salah satu keanekaragaman hayati yang bermanfaat sebagai sumber pangan diperairan Indonesia adalah ikan. Pada industri pangan, ikan banyak dimanfaatkan sebagai pembuatan gelatin dan dijadikan produk halal untuk dikonsumsi. Gelatin merupakan bahan tambahan pangan yang diperoleh dari hidrolisis parsial kolagen serta banyak ditemukan pada tulang dan kulit hewan seperti ikan, sapi dan babi. Gelatin ini sering digunakan oleh industri pangan, non pangan dan media mikrobiologis, diantaranya, gelatin digunakan sebagai pengemulsi, pengikat, penstabil, pengikat air, dan pengental. Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review dengan pengumpulan dan skrining data yang memiliki kriteria inklusi dan eksklusi. Literature Review ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik (rendemen, viskositas, dan kekuatan gel) gelatin dari ikan air laut dan air tawar. Hasil yang diperoleh yaitu berbagai informasi mengenai perbandingan karakteristik (rendemen, viskositas, dan kekuatan gel) gelatin yang paling tinggi terdapat pada ikan air tawar. Hal itu disebabkan karena faktor suhu, pH, konsentrasi pelarut, waktu ekstraksi dan kualitas perairan ikan juga mempengaruhi karakteristik gelatin yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muammar Yulian, M. Si. Pembimbing II : Bhayu Gita Bhernama, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Produk, Ikan, Gelatin, Manfaat Gelatin
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Hayyun Hayyun
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:26
Last Modified: 09 Sep 2021 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18135

Actions (login required)

View Item
View Item