Strategi Pengelolaan BUMG dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG) di Gampong Punie Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar

Immatunnisa Farha, 170802001 (2021) Strategi Pengelolaan BUMG dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG) di Gampong Punie Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Strategi Pengelolaan BUMG Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG))
Imamatunnisa Farha, 170802001, FISIP, IAN, 0895601718647.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

BUMG merupakan badan usaha milik gampong yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat gampong dan juga pendapatan asli gampong. Namun, pada realitanya kebanyakan BUMG yang tidak berhasil dalam pengelolaannya dan belum dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli gampong. Diakibatkan kualitas dan kuantitas SDM yang kurang, kurang aktifnya pengelola BUMG, kurangnya kejujuran pekerja, strategi yang kurang tepat, dan unit usaha yang dijalankan belum memberikan hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan BUMG Meutuah Daroy terhadap pendapatan asli gampong dan faktor penghambat serta pendukung pengelolaan BUMG Meutuah Daroy. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelumnya BUMG Meutuah Daroy menggunakan strategi pencatatan langsung pendapatan oleh pekerja BUMG dengan sistem bagi hasil akan tetapi mengalami kendala yaitu beberapa kali mengalami pergantian pekerja dan pada pekerja ke tiga tidak menyetorkan penghasilan BUMG selama tiga bulan. Sehingga BUMG diberhentikan sementara dan di buka kembali pada tanggal 15 maret 2021 dengan metode baru yaitu sewa pakai. Namun, demikian BUMG ini belum dapat memberikan kontribusi secara signifikan untuk Pendapatan Asli Gampong. Faktor pendukung BUMG Meutuah Daroy yaitu BUMG telah memiliki infrastruktur yang memadai. Adapun faktor penghambat pengelolaan BUMG yaitu SDM yang masih kurang, pengelola BUMG kurang kompeten. Adapun kesimpulan dari penelitian ini BUMG Meutuah Daroy belum optimal dalam pengelolaannya dan belum memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli gampong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Imamatunnisa Farha
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:13
Last Modified: 08 Sep 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item View Item
TOP