Analisis Pemahaman Siswa Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema)

Fitria Annisa, 170205032 (2021) Analisis Pemahaman Siswa Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pemahaman Siswa Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema)]
Preview
Text (Analisis Pemahaman Siswa Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema))
Fitria Annisa, 170205032, FTK, PMA, 082246361720.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa merupakan salah satu sentral fokus dalam pembelajaran matematika. Teori APOS adalah suatu teori kontruktivis tentang bagaimana kemungkinan berlangsungnya pencapaian/pembelajaran suatu konsep atau prinsip matematika yang dapat digunakan sebagai suatu elaborasi tentang kontriksi mental dari aksi, proses, objek, dan skema. Sedangkkan topik aritmatika sosial yang dikaji pada penelitian ini adalah penjualan, pembelian, keuntungan dan kerugian. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi tingkat pemahaman siswa pada materi aritmatika sosial berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema). Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 4 siswa MTsN 1 Banda Aceh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat pemahaman RLA berdasarkan teori APOS berada pada tahapan aksi, karena RLA hanya mampu membedakan untung atau rugi harga penjualan. (2) Tingkat pemahaman KH berdasarkan teori APOS berada pada tahapan proses, karena KH sudah mampu membedakan untung atau rugi harga penjualan dan mampu menjelaskan cara menentukan untung atau rugi harga penjualan. (3) Tingkat pemahaman KH berdasarkan teori APOS berada pada tahapan objek, karena KH sudah mampu membedakan untung atau rugi harga penjualan, menjelaskan cara menentukan untung atau rugi harga penjualan, menyatakan contoh untung atau rugi dari penjualan dan menentukan besar keuntungan atau kerugian dari suatu penjualan. (4) Tingkat pemahaman KH berdasarkan teori APOS berada pada tahapan skema, karena KH sudah mampu membedakan untung atau rugi harga penjualan, menjelaskan cara menentukan untung atau rugi harga penjualan, menyatakan contoh untung atau rugi dari penjualan, menentukan besar keuntungan atau kerugian dari sutu penjualan dan menganalisis keuntungan atau kerugian dari penjualan dengan menghubungkan aksi, proses dan objek matematika lainnya yaitu grafik fungsi linear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : H. Nuralam, M. Pd. Pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, teori APOS, Aritmatika Sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitria Annisa
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18164

Actions (login required)

View Item
View Item