Analisis Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun

Sarifah Aini, 160210088 (2021) Analisis Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img] Text (Analisis Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun)
Sarifah Aini, 160210088, FTK, PIAUD, 082163392568.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan bercerita adalah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau suatu kejadian dan disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain. Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Cingoran kemampuan bercerita anak belum berkembang, belum memiliki banyak perbendaharaan kosa kata dalam bercerita, belum memiliki lebih banyak kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain mengenai cerita yang disampaikan, anak belum mampu menyusun kalimat sederhana mengenai cerita dan anak belum mampu melanjutkan sebagian cerita. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kemampuan bercerita anak dan apa saja penyebab rendahnya kemampuan bercerita pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus, dengan jumlah subjek 3 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil pengolahan data ditemukan bahwa kemampuan bercerita anak sebagian ada yang belum berkembang (BB) dan ada sebagian yang sudah mulai berkembang (MB). Berdasarkan hasil wawancara juga ditemukan kendala yang dihadapi guru dalam menyampaikan cerita dan penyebab rendahnya kemampuan bercerita anak tidak hanya itu saja, peneliti juga menemukan mengenai upaya guru dalam mengatasi keterlambatan kemampuan bercerita pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sarifah Aini
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:34
Last Modified: 09 Sep 2021 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18167

Actions (login required)

View Item View Item
TOP