Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah MI Kabupaten Bener Meriah

Waode Anggria Maulita, 170209038 (2021) Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah MI Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah MI Kabupaten Bener Meriah]
Preview
Text (Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah MI Kabupaten Bener Meriah)
Waode Anggria Maulita, 170209038, FTK, PGMI, 085282726822.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Munculnya virus corona mengakibatkan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persepsi guru terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19, (2) kendala yang dialami guru dalam penerapan pembelajaran berbasis daring, (3) dan upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru MI yang berada di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang guru MI, dan 4 orang kepala sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 kurang efektif untuk diterapkan untuk tingkat MI. (2) Kendala pembelajaran daring adalah fasilitas pembelajaran daring tidak memadai, jaringan internet tidak stabil, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. (3) Upaya guru dalam menghadapi kendala belajar daring yaitu menjemput ke sekolah materi dan tugas untuk satu minggu, menyediakan kuota internet dan wifi bagi guru, dianjurkan untuk menggunakan kartu SIM yang sesuai daerah tempat tinggal, dan bagi siswa yang tidak faham dapat menghubungi guru untuk meminta penjelasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Wati Oviana, S.Pd.I., M.Pd Pembimbing II : Emalfida, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Waode Anggria Maulita Anggi
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:10
Last Modified: 10 Sep 2021 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item
View Item