Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapaktuan

Sri Chici Utami, 160207141 (2021) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI  SMA Negeri 1 Tapaktuan]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapaktuan)
Sri Chici Utami, 160207141, FTK-PBL, 082368557721.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tapaktuan masih cenderung konvensional, sehingga proses berpikir siswa menjadi lemah terutama dalam memecahkan berbagai permasalahan belajar. Hal ini tentu memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa yang mana rata-rata belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan guru. Hal ini tentu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah sistem pembelajaran kurang bervariasi terutama dalam penggunaan pendekatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapaktuan pada materi sistem pencernaan dan menjabarkan respon siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapaktuan terhadap pendekatan pembelajaran konstruktivisme pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre exsperimen. Populasi 96 siswa sedangkan sampel 28 siswa yang diambil dengan teknik proposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar test dan hasil kuesioner. Analisis data menggunakan rumus uji square, dan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran konstruktivisme berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapaktuan pada materi sistem pencernaan yang ditandai nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Respon siswa terkait penggunaan pendekatan pembelajaran konstruktivisme pada materi sistem pencernaan tergolong baik. Dilihat dari aspek rasa senang tergolong kategori baik. Aspek minat menunjukkan kategori cukup. Sedangkan dari aspek ketertarikan siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme juga tergolong baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar, Materi Sistem Pencernaan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sri Chici Utami
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:56
Last Modified: 10 Sep 2021 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item
View Item