Literature Review: Analisis Kandungan Nitrit Pada Produk Daging Olahan Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis

Maulida Juliana, 170704011 (2021) Literature Review: Analisis Kandungan Nitrit Pada Produk Daging Olahan Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Literature Review: Analisis Kandungan Nitrit Pada Produk Daging Olahan Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis]
Preview
Text (Literature Review: Analisis Kandungan Nitrit Pada Produk Daging Olahan Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis)
Maulida Juliana, 170704011, FST, KIM, 085207108871.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Daging olahan merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas daging olahan, seringkali dilakukan penambahan Bahan Tambahan Pangan (BTP) seperti pengawet yaitu nitrit dengan tujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum sehingga memperpanjang umur simpan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara analisis nitrit pada produk daging olahan menggunakan spektrofotometri UV-Vis dan mengetahui kadar nitrit yang terdapat dalam daging olahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review dengan pengumpulan dan skrining data yang memiliki kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil yang diperoleh yaitu berbagai informasi mengenai tahapan analisis dan kadar nitrit pada produk daging olahan seperti sosis, burger, nugget, kornet, daging asap, dan ayam krispi menggunakan metode spektrofotometri dengan pereaksi Griess yang digunakan untuk uji kualitatif dan kuantitatif yang didasarkan pada reaksi diazotasi oleh asam nitrit dengan naftiletilendiamin sehingga membentuk senyawa azo yang berwarna merah keunguan dan dilakukan pengukuran absorbansi pada panjang gelombang maksimum dengan rentang 420-573 nm. Kesimpulan dari Literatur Review ini diperoleh kadar nitrit dari 160 sampel terdapat 59,375% (95 dari 160 sampel) memenuhi standar BPOM dan 40,625% (65 dari 160 sampel) tidak memenuhi standar BPOM Nomor 11 Tahun 2019 yaitu sebesar 30 mg/Kg.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Reni Silvia Nasution, M.Si. Pembimbing II : Cut Nuzlia, M.Sc.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 543 Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Maulida Juliana
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:30
Last Modified: 10 Sep 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18179

Actions (login required)

View Item
View Item