Efektivitas Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 Di Universitas Islam Negeri (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh

Akhiar, 170802060 (2021) Efektivitas Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 Di Universitas Islam Negeri (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 Di Universitas Islam Negeri  (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 Di Universitas Islam Negeri (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh)
Akhiar, 170802060, FISIP, IAN, 085296370999.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan segala runititas pekerjaan menjadi berubah. Sejak dikeluarkannya PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar menyebabkan kegiatan-kegiatan di tempat umum atau fasilitas publik dibatasi dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penyebaran covid-19. Begitu halnya dengan proses pembelajaran, kondisi pandemi covid-19 merubah pola pembelajaran dari konvensional tatap muka secara langsung menjadi tatap muka secara online. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran online serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran online di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu pihak LPM UIN Ar-Raniry sebagai pembuat kebijakan serta dosen dan mahasiswa di UIN Ar-Raniry sebagai pelaksana pembelajaran Online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online di UIN Ar-Raniry Banda Aceh belum efektif, namun untuk mencapai keefektivitasan tersebut pihak kampus sudah berusaha dengan semaksimal mungkin dengan melakukan beberapa hal yaitu sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran online pihak kampus terlebih dahulu merancang perencanaan dan survei keadaan serta pelatihan kepada para dosen, selanjutnya merumuskan kebijakan, merumuskan tujuan dan strategi, penentuan sarana serta pengawasan yang dilakukan secara rutin melalui portal siakad. Faktor pendukung pembelajaran online yaitu kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan praktis karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja namun yang menjadi faktor penghambatnya yaitu banyak mahasiswa yang kurang memahami materi yang diajarkan, yang disebabkan oleh terganggunya jaringan serta kekurangan perangkat dan juga kuota. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online saat pandemi covid-19 di UIN Ar-Raniry belum efektif, namun demikian tetap adanya upaya yang dilakukan oleh pihak kampus dengan melakukan perencanaan hingga pengawasan agar pembelajaran online dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Akhiar Akhiar
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:33
Last Modified: 15 Nov 2021 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18186

Actions (login required)

View Item
View Item