Efektivitas Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (Studi Kasus di Desa Lae Bersih, Kota Subulussalam)

Rosmawati, 170105018 (2021) Efektivitas Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (Studi Kasus di Desa Lae Bersih, Kota Subulussalam). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Efektivitas Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan]
Preview
Text (Efektivitas Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan)
Rosmawati, 170105018, FSH, HTN, 081262027246.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan dikeluarkan pada tahun 2018 yang ditetapkan di Jakarta oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada tanggal 8 Januari 2018 dan diberlakukan serta diundangkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Tujuan dibentuknya peraturan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga miskin dan rentan melalui peningkatan aksesibilitas terhadap layanan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial. Maka perlu program perlindungan sosial yang terencana, terarah, dan berkelanjutan yang dapat terlaksana dengan baik. Sehingga bagi keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) diwajibkan untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan Pasal 7 Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harpan. Hal ini agar tujuan dibentuknya peraturan ini tercapai. Namun, kenyataan dilapangan ditemukan bahwa masih banyak keluarga penerima manfaat PKH yang tidak menjalankan kewajibannya, seperti yang terjadi di Desa Lae Bersih, Kota Subulussalam. Maka dari itu, diambil rumusan masalah tentang bagaimana implementasi Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan dan bagaimana efektivitas Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan di Desa Lae Bersih, Kota Subulussalam. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dari wawancara oleh perangkat desa dan juga masyarakat, ditemukan bahwasanya efektivitas Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan di Desa Lae Bersih, Kota Subulussalam sudah berjalan dengan baik, baik dalam pelaksanaannya, sasarannya dan juga baik dari kewajiban yang telah dilakukan oleh keluarga penerima manfaat PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Rosmawati Rosmawati
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:09
Last Modified: 13 Sep 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18197

Actions (login required)

View Item
View Item