Pengaruh Media Sosial terhadap Estetika Berpakaian Islami Remaja Putri (Studi di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara)

Jurni Malia, 160301017 (2020) Pengaruh Media Sosial terhadap Estetika Berpakaian Islami Remaja Putri (Studi di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Pengaruh Media Sosial terhadap Estetika Berpakaian Islami Remaja Putri (Studi di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara))
Jurni Malia, 160301017, FUF, AFI, 08224884306.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Dampak dari modernisasi pakaian pun semakin terlihat dengan banyaknya remaja putri yang memakai pakaian dengan variasi desain yang beragam. Di era globalisasi seperti sekarang ini, media sosial sangat berpengaruh terhadap remaja putri dalam hal berpakaian. Remaja putri dapat dengan mudah mengakses mode-mode pakaian yang sedang booming menggunakan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan remaja putri terhadap estetika berpakaian Islam.Untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap estetika dalam berpakaian.
Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Analisis. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaka observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal terkait dengan pengaruh media sosial, diantaranya bahwa setiap remaja putri memiliki pemahamannya sendiri mengenai estetika berpakaian. Ada yang memahami dengan memakai celana ketat akan indah dan ada juga yang berpendapat jika berpakaian muslimah maka akan indah. Di era modernisasi, hadirnya media sosial sangat bermanfaat. Terdapat pengaruh positif bermedia sosial, seperti remaja putri tidak ketinggalan berita pakaian yang kekinian. Pengaruh negatifnya adalah ada banyak mode-mode pakaian yang tidak layak dipakai oleh seorang muslimah di media sosial. Oleh karena itu, remaja putri harus bijak dan harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk baginya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ernita Dewi, M.Hum Pembimbing 2 : Drs. Miskahuddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Estetika, Islami
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Jurni Malia Jurni
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:22
Last Modified: 14 Sep 2021 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18202

Actions (login required)

View Item View Item
TOP