Analisis Kemanfaatan DAPODIK dalam Pelaksanaan Administrasi Sekolah di SMAN 5 Banda Aceh

Rizki Afriani, 160212021 (2021) Analisis Kemanfaatan DAPODIK dalam Pelaksanaan Administrasi Sekolah di SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Kemanfaatan DAPODIK]
Preview
Text (Analisis Kemanfaatan DAPODIK)
Rizki Afriani, 160212021, FTK, PTI, 082360064991.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menuntut lembaga pemerintah maupun swasta untuk mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan akurat. Sehingga penanganan dalam pengelolaan data menggunakan teknologi informasi menjadi solusi untuk mendapatkan informasi. Tahun 2006 Biro Perencanaan Kerja sama Luar Negeri (PKLN) menyatakan belum adanya pengumpulan data pendidikan secara terpusat. Oleh karena itu diperlukan pembaharuan untuk mengolah administrasi pendidikan melalui teknologi informasi yaitu DAPODIK. Manfaat DAPODIK di sekolah adalah untuk melaporkan data-data pokok pendidikannya langsung ke pemerintah pusat sehingga DAPODIK bermanfaat dalam pengelolaan data peserta didik, data guru dan data sarana dan prasarana sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang Kemanfaatan DAPODIK pada administrasi sekolah khususnya pengelolaan administrasi peserta didik dan administrasi sarana dan prasarana. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan memaparkan semua fakta dan keadaan yang sebenarnya dengan melakukan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemanfaatan DAPODIK di SMAN 5 Banda Aceh pada administrasi peserta didik dapat termanfaatkan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan kemanfaatan DAPODIK pada administrasi sarana dan prasarana sekolah juga termanfaatkan dengan baik dan dapat menggambarkan kondisi sekolah yang sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemanfaatan DAPODIK pada pengelolaan administrasi sekolah dapat termanfaatkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Rizki Afriani Rizki
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:53
Last Modified: 14 Sep 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18222

Actions (login required)

View Item
View Item