Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPIT Dayah Mulia Aceh Besar

Ukhtina Ulfa, 150207077 (2021) Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPIT Dayah Mulia Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan  Model Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPIT Dayah Mulia Aceh Besar]
Preview
Text (Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPIT Dayah Mulia Aceh Besar)
Ukhtina Ulfa, 150207077, FTK , PBL, 082360754358.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

kurangnya perhatian belajar siswa terhadap pembelajaran menyebabkan guru kesulitan dalam mengajarkan materi pembelajaran. Siswa juga masih kurang dalam mengemukakan pendapatnya sehingga siswa cenderung lebih banyak diamnya sehingga tingkat kekreativitasnya dalam belajar masih sangat kurang serta membuat hasil pembelajarannya tidak sesuai dengan apa yang diingikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa menggunakan model Mind Mapping pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMPIT Dayah Mulia Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Dayah Mulia, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII1 dan kelas VIII2, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 sebagai kelas esksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kreativitas siswa dan soal test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase kreativitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol termasuk dalam kategori kreatif dengan nilai rata-rata 77,66%. Berdasarkan uji t pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat bebas 38 diperoleh nilai thitung 2,921 dan ttabel 1,685 yang artinya thitung > ttabel (2,921> 1.685) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu penggunaan model Mind Mapping pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMPIT Dayah Mulia Aceh Besar berpengaruh terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ukhtina Ulfa
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:34
Last Modified: 14 Sep 2021 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item
View Item