Implementasi Metode Storytelling dalam Mengembangkan Nilai Karakter Anak di TK Negeri Mentari Aceh Jaya

Juliati, 170210101 (2021) Implementasi Metode Storytelling dalam Mengembangkan Nilai Karakter Anak di TK Negeri Mentari Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Implementasi Metode Storytelling]
Preview
Text (Implementasi Metode Storytelling)
Juliati, 170210101, FTK, PIAUD, 082370507263.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan orang yang bertugas mendidik, mengadakan pengajaran, dan memberikan bimbingan dalam pengembangan karakter. TK Negeri Mentari Aceh Jaya menggunakan metode storytelling untuk mengembangkan nilai karakter Anak. Anak pada sekolah tersebut sebagian masih kurang mampu mengembangkan nilai karakter. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi metode storytelling dalam mengembangkan nilai karakter di TK Negeri Mentari Aceh Jaya khususnya nilai karakter kejujuran, disiplin, toleransi, hormat, dan sopan santun dan kendala yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan lembar observasi untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian adalah 2 orang guru kelas B. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan nilai karakter melalui metode storytelling di TK Negeri Mentari yaitu, guru memilih materi sesuai dengan perkembangan anak, menguasai isi cerita, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak, menghayati karakter tokoh dalam cerita, menggunakan ekspresi ketika bercerita, menguasai kelas, mampu menarik perhatian anak, ikut melibatkan anak ketika bercerita, menggunakan media pembelajaran dan juga memberikan kesempatan untuk anak bertanya yang belum di pahaminya. Adapun kendala yang dihadapi, guru mengalami kendala dalam pemilihan cerita yang sesuai untuk pengembangan nilai karakter kejujuran, disiplin, toleransi, hormat dan sopan santun, kendala dalam penggunaan media pembelajaran, kendala dalam penguasaan kelas ketika sedang bercerita, kendala dalam mengatasi anak agar tidak cepat merasa bosan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Juliati Juliati
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:12
Last Modified: 15 Sep 2021 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item
View Item