Identifikasi Permasalahan Belajar Siswa di MAN 2 Banda Aceh

Cut Siti Rahmah, 271223036 (2017) Identifikasi Permasalahan Belajar Siswa di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Belajar Mengajar]
Preview
Text (Pendidikan; Belajar Mengajar)
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Identifikasi permasalahan belajar siswa adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi dari kebutuhan lapangan, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan belajar siswa berdasarkan jenis kelamin, untuk mengetahui peran guru BK dalam mengatasi permasalahan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek dan sampel penelitian adalah guru BK dan 20 siswa. teknik pengumpulan data adalah melalui, wawancara, dokumentasi dan angket. Selanjutnya akan dianalisis dengan reduksi, display, penarikan kesimpulan serta analisis persentase Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa dan siswi mengalami permasalahan yaitu tidak menyukai tampat belajar, tidak menyukai mata pelajaran tertentu, kurang dapat memusatkan perhatian dalam mengikuti pelajaran, sering mengganggu atau diganggu teman waktu pelajaran berlangsung, hasil belajar atau nilai yang kurang memuaskan, kekurangan waktu untuk belajar, kesulitan dalam memahami isi buku pelajaran, dan datang ke sekolah tepat waktu tapi telat masuk kelas. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase skor rata-rata siswa pada setiap jenis permasalahan belajar. Adapun skor siswa-siswi untuk tidak menyukai tampat belajar terhitung sebesar 50%, tidak menyukai mata pelajaran tertentu sebesar 50%, sering mengganggu atau diganggu teman waktu pelajaran berlangsung sebesar 40%, hasil belajar atau nilai yang kurang memuaskan sebesar 40%, kekurangan waktu untuk belajar sebesar 50%, datang ke sekolah tepat waktu tapi telat masuk kelas sebesar 80%. Peran guru BK dalam mengatasi permasalahan belajar siswa-siswi sebagai motivator, inisiator, informator, korektor, dan inspirator. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permasalah belajar siswa di MAN 2 Banda Aceh sebagai berikut telefon genggam (Hp), lingkungan, rumah/orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembibing : 1. Dr. Basidin Mizal, M. Pd; 2. Lailatussaadah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Permasalahan Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Cut Siti Rahmah
Date Deposited: 14 Dec 2017 09:29
Last Modified: 14 Dec 2017 09:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item
View Item