Promosi Wisata Halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Pengusaha Kuliner

Chandra Winanda, 160401034 (2021) Promosi Wisata Halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Pengusaha Kuliner. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Promosi Wisata Halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Pengusaha Kuliner]
Preview
Text (Promosi Wisata Halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Pengusaha Kuliner)
Chandra Winanda, 160401034, FDK, KPI, 085277585940.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: Promosi Wisata Halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Pengusaha Kuliner. Promosi merupakan suatu upaya dalam bidang informasi himbauan dan komunikasi untuk memperkenalkan wisata halal terhadap pengusaha kuliner. Namun pada kenyataannya promosi Wisata Halal Dispar Aceh Selatan masih sangat kurang sehingga pengusaha kuliner belum sepenuhnya berpartisipasi dalam penerapan wisata halal. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi wisata halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Pengusaha Kuliner. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu Dispar menyampaikan promosi wisata halal terhadap pengusaha kuliner dari mulut ke mulut kepada pengusaha, dari informasi tersebut mereka bisa mengetahui adanya promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Aceh Selatan. Hambatan promosi wisata halal Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan terhadap pengusaha kuliner dan Home Industri terbagi dalam dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kekurangan dana dan Kepala Bidang (Kabid) dibagi dalam dua bidang hal tersebut membuat pengurusan sertifikasi semakin sulit, sebab tidak difokuskan pada satu Kabid jika disatukan dalam satu Kabid kemungkinan urusan masyarakat dalam mengurusi sertifikasi halal semakin mudah. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu lemahnya kesadaran masyarakat dan belum ada sanksi yang tegas terkait pengusaha yang belum memiliki sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Wisata Halal, Pengusaha Kuliner
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Chandra Winanda Chandra
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:42
Last Modified: 15 Sep 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18250

Actions (login required)

View Item
View Item