Analisis Akad Ijarah bi al-‘Amal Terhadap Hak Kepemilikan Bekatul Hasil Penggilingan Padi di Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Maulidia, 150102119 (2021) Analisis Akad Ijarah bi al-‘Amal Terhadap Hak Kepemilikan Bekatul Hasil Penggilingan Padi di Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Analisis Akad Ijarah bi al-‘Amal Terhadap Hak Kepemilikan Bekatul Hasil Penggilingan Padi di Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Maulidia, 150102119, FSH, HES, 082241366487.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penggilingan padi adalah salah satu sarana bisnis yaitu bisnis produksi, karena mesin penggilingan mampu mengolah padi menjadi beras. Ada sebagian pihak penggilingan padi yang menjadikan sisa dari hasil penggilingan padi menjadi miliknya, kerena sisa hasil penggilingan tersebut dianggap tidak bernilai. Jadi jika petani menggilingkan padinya maka sisa hasil penggilingan tersebut menjadi milik jasa penggilingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akad yang digunakan antara pihak jasa penggilingan dengan pemilik padi di Kecamatan Kluet Timur dan untuk mengetahui analisis hukum Islam terhadap hak kepemilikan beakatul di Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan dalam skipsi ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Yang bertujuan untuk mepelajari secara intensif (secara sungguh-sunguh) latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan yang bersifat apa adanya, individu, kelompok, lembaga ataupun masayarakat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad yang terjadi antara pihak penggilingan dengan pemilik padi adalah menerapkan sistem Ijarah bi a-‘amal, yaitu sewa jasa atas pekerjaan yang telah dikerjakan dengan pembayaran upah berupa uang, selain itu pemilik jasa juga mendapatkan sisa dari hasil penggilingan yang berupa bekatul karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Perpindahan hak milik sisa hasil penggilingan dilakukan berdasarkan kebiasaan pada masyarakatnya dan kerelaan dari masing-masing pihak, jadi atas dasar itu maka perpindahan hak milik tersebut adalah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Syuhada, S .Ag., M.Ag. Pembinmbing II : Muhammad Iqbal, MM
Uncontrolled Keywords: Penggilingan, Padi, Bekatul dan Ijarah bi a-‘amal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulidia Maulidia
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:14
Last Modified: 15 Sep 2021 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18253

Actions (login required)

View Item View Item
TOP