Identifikasi Senyawa Trimiristin pada Ampas Buah Pala (Myristica Fragrans Houtt) Daerah Aceh Selatan dengan Menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectrophotometry (GC-MS)

Heri Hasmizal, 170704009 (2021) Identifikasi Senyawa Trimiristin pada Ampas Buah Pala (Myristica Fragrans Houtt) Daerah Aceh Selatan dengan Menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectrophotometry (GC-MS). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Identifikasi Senyawa Trimiristin]
Preview
Text (Identifikasi Senyawa Trimiristin)
Heri Hasmizal, 170704009, FST, KIM, 082210748218.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Buah pala merupakan hasil dari tanaman pala yang sering dimanfaatkan, dimana buah pala terdiri dari beberapa bagian yaitu daging buah sebesar 77,8%, tempurung sebesar 5,1%, fuli sebesar 4% dan biji sebesar 13,1% (Astuti, 2019). Trimiristin merupakan trigliserida yang disusun oleh asam lemak miristat yang memiliki panjang rantai karbon C14. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan trimiristin yang dihasilkan pada ampas daging, biji dan fuli buah pala menggunakan pelarut kloroform. Penelitian ini menggunakan metode analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode destilasi menggunakan pelarut air (H2O), ekstraksi dengan cara maserasi menggunakan pelarut kloroform dan identifikasi kandungan trimiristin menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectrophotometry (GC-MS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ampas biji buah pala (Myristica Fragrans Houtt) mengandung senyawa trimiristin yang dibuktikan dengan terbentuknya kristal trimiristin berwarna putih kekuningan dengan % rendemen sebesar 8,549 %. Sedangkan hasil identifikasi senyawa trimiristin menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectrophotometry (GC-MS) menunjukkan kandungan trimiristin pada waktu retensi sebesar tR = 32.499 dengan % area sebesar 11.23 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu didapatkan sedikit kandungan senyawa trimiristin pada ekstrak kloroform ampas daging dan fuli buah pala (Myristica fragrans Houtt) yang dibuktikan dengan terbentuknya calon kristal trimiristin, sedangkan identifikasi kandungan senyawa trimiristin pada ekstrak kloroform ampas biji buah pala (Myristica Fragrans Houtt) dengan menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectrophotometry (GC-MS) didapatkan kandungan senyawa trimiristin pada % area sebesar 11.23 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Heri Hasmizal Heri
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:23
Last Modified: 15 Sep 2021 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18256

Actions (login required)

View Item
View Item