Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

Asqalani Ishak, 211323909 (2017) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pendidikan; Metode; Belajar Siswa)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru menempati posisi penting dan penentu berhasil tidaknya pencapaian tujuandalam suatu proses pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan guru. Dengan metode mind mapping ini dapat meningkatkan penguasaan konsep belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada pelajaran PAI. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang penigkatan pengusaan konsep pada pelajaran PAI dengan menerapkan metode mind mapping pada siswa kelas VIII SMPN 1 Peukan Bada Aceh Besar.Pernyataan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI melalui penerapan metode mind mapping di kelas VIII SMPN 1 Peukan Bada Aceh Besar? Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping terhadap pelajaran PAI? Bagaimana respon siswa dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Peukan Bada Aceh Besar sebanyak 19 siswa. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan penyebaran angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa pembelajaraan dengan menggunakan metode ini berdasarkan hasil data yang dapat, melalui metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan sebesar 82,25%.Hasil belajar siswa sebesar 87,36%. Respon siswa selama mengikuti proses belajar dengan menggunakan metode mind mapping yang paling tertinggi sebesar 63%. Respon siswa dalam pembelajaran ini berarti positif karena siswa senang belajar dan mudah memahami dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Sri Suyanta,M.Ag; 2.Abdul Haris,S.Ag.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Metode; Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asqalani Ishak
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:39
Last Modified: 14 Dec 2017 08:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item
TOP