Implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Penelitian Di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah)

Indah Setiawani, 160503001 (2021) Implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Penelitian Di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Penelitian Di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah)]
Preview
Text (Implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Penelitian Di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah))
Indah Setiawani, 160503001, FAH, IP, 082276678773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan Dampaknya terhadap Perekonomian Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Penelitian di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah)”. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah dan bagaimana dampak implementasi perpustakaan berbasis inklusi sosial terhadap perekonomian Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah dan untuk mengetahui dampak implementasi perpustakaan berbasis inklusi sosial terhadap perekonomian Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mewawancari kepala perpustakaan Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah dan tiga (3) orang masyarakat yang sedang menjalankan UMKM di Desa Paya Tumpi Baru Aceh Tengah. Hasil dari penelitian ini adalah Perpustakaan Desa Paya Tumpi Baru sudah mengimplentasikan perpustakaan berbasis inklusi sosial sesuaidengan yang diamanatkan Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2019 atas dasar inisiatif pustakawan dengan strategi penerapan yang dilakukan mengaktifkan peran pustakawan. Pembangunan perpustakaan berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Paya Tumpi Baru melalui kegiatan peningkatan literasi, pemanfaatan Literasi Informasi (TI), kerjasama dunia usaha dan kualitas pelayanan. Kegiatan ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat di mana dengan adanya perlibatan perpustakaan dalam dunia dunia usaha masyarakat seperti ini bisa menambah ilmu pengetahuan baru dan meningkatkan penghasilan masyarakat. Kendala yang dihadapi perpustakaan Desa Paya Tumpi Baru dalam menjalankan program perpustakaan desa berbasis inklusi sosial adalah kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Indah Setiawani Indah
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:18
Last Modified: 16 Sep 2021 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item
View Item