Kolaborasi Pustakawan dan Guru dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan Shalahuddiin Al-Munawwarah Kabupaten Gayo Lues

Yuliana, 160503065 (2021) Kolaborasi Pustakawan dan Guru dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan Shalahuddiin Al-Munawwarah Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kolaborasi Pustakawan dan Guru]
Preview
Text (Kolaborasi Pustakawan dan Guru)
Yuliana, 160503065, FAH, IP, 082279521173.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kolaborasi Pustakawan dan Guru dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan Shalahuddiin Al-Munawwarah Kab. Gayo Lues-Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kolaborasi pustakawan dan guru dalam meningkatkan minat kunjung siswa di Perpustakaan Pesantren Shalahuddiin Al-Munawwarah serta untuk mengetahui kendala dan upaya guru dan pustakawan dalam meningkatkan minat kunjung siswa ke perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala perpustakaan, 1 guru dan 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah adanya kolaborasi antara pustakawan dan guru. Bentuk Kolaborasi pustakawan dan guru yang terealisasi di Perpustakaan Shalahuddiin adalah dalam bentuk pengolahan koleksi Pustakawan dan guru saling berkerjasama dalam mengolah kolesi buku di perpustakaan dan guru juga membantu memberi informasi kepada siswa. Adapun kendala yang dihadapi pustakawan dan guru Shalahuddiin ialah ruangan perpustakaan tidak terlalu luas, minimnya dana dalam meningkatkan koleksi dan tidak memiliki tenaga kerja pengelolaan khusus di perpustakaan dengan latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Sedangkan upaya yang dilakukan pustakawan dan guru dalam meningkatkan minat kunjung adalah pustakawan membuat ruang perpustakaan tersebut menjadi lebih nyaman, bersih, adem, memberikan pelayanan yang baik, menyediakan fasilitas siswa seadanya di perpustakaan seperti tikar dan meja belajar, dan mengolah koleksi yang ada dengan baik sehingga tidak rusak atau hilang dan mengarahkan siswa ke perpustakaan Arsip Gayo Lues pada saat libur sekolah untuk meminjam koleksi yang tidak ada diperpustakaan Shalahuddiin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Yuliana Yuliana
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:10
Last Modified: 16 Sep 2021 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18263

Actions (login required)

View Item
View Item