Analisis Fitokimia dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus mauritiana L.) terhadap Esherichiacoli dan Staphylococcusaureus

Novila Aisyah, 170704036 (2021) Analisis Fitokimia dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus mauritiana L.) terhadap Esherichiacoli dan Staphylococcusaureus. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Fitokimia Dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus mauritiana L.)]
Preview
Text (Analisis Fitokimia Dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus mauritiana L.))
Novila Aisyah, 170704036, FST, KIM, 085256042778.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Daun bidara (Zizihpus mauritiana L.) merupakan salah satu tumbuhan diindonesia yang mempunyai potensi untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat daun bidara adalah sebagai antibakteri. Antibakteri adalah bahan-bahan atau obat-obat untuk membrantas infeksi mikroba pada manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder yang terkandung dalam daun bidara (Zizihpus mauritiana L.) dan untuk mengetahui tingkat aktivitas ekstrak daun bidara (Zizihpus mauritiana L.) terhadap penghambatan bakteri. Metode ekstraksi yang digunakan pada penelitian ini yaitu maserasi dengan menggunakan pelarut air, antibakteri yang dibuat dengan dua variasi konsentrasi yaitu 5% v/v dan 10% v/v. Metode yang digunakan dalam pengujian aktivitas antibakteri yaitu metode difusi kertas cakram. Hasil yang diperoleh dari uji fitokimia yaitu kandungan metabolit sekunder saponin, flavonoid, tanin dan fenol. Hasil uji aktivitas antibakteri dari variasi konsentrasi membuktikan bahwa ekstrak berpengaruh terhadap bakteri Esherichia coli pada konsentrasi 5% v/v dengan zona hambat 9 mm dan 10% v/v dengan zona hambat 9 mm sedangkan bakteri Staphylococcus aureus pada konsentrasi 5% v/v memiliki zona hambat 9,5 mm dan konsentrasi 10% v/v memiliki zona hambat 11 mm. Dari hasil penelitian ini dapat mengindikasikan bahwa ekstrak daun bidara dengan pelarut air memiliki aktivitas terhadap penghambatan bakteri Esherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Novila Aisyah Novila
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:13
Last Modified: 20 Sep 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item
View Item