Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar

Rahma Sarah, 170201025 (2021) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar)
Rahma Sarah, 170201025, FTK, PAI, 082211560269.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel penelitian yang digunakan dengan teknik Probability Sampling dengan metode simple random sampling. Sampel yang digunakan diambil dari kelas X, XI dan XII secara random. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring. Penelitian dilakukan dengan sebaran angket yang dibuat dengan Google Form kemudian dibagikan secara online melalui Whatsap. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa/i
merasakan pembelajaran secara daring masih kurang efektif. Dengan perolehan data dari 25 pernyataan yang diberikan peneliti kepada 97 responden. Lebih kurang terdapat 3 pernyataan dalam kategori efektif, 12 pernyataan dalam kategori kurang efektif, dan 10 pernyataan dalam kategori tidak efektif. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring kurang efektif. Dapat dilihat dari hasil rata-rata pada indikator efektivitas pembelajaran. Pertama, belajar secara aktif memperoleh nilai rata-rata 2.62 tergolong dalam kategori kurang efektif. Kedua, metode belajar bervariasi memperoleh nilai rata-rata 3.09 tergolong dalam kategori kurang efektif. Ketiga, motivasi belajar memperoleh niali rata-rata 2.826 tergolong dalam kategori kurang efektif. Keempat, suasana demokratis memperoleh nilai rata-rata 2.6 tergolong dalam kategori kurang efektif. Kelima, pelajaran di sekolah perlu dihubungkan dengan kehidupan nyata memperoleh nilai rata-rata 2.94 tergolong dalam kategori kurang efektif. Keenam, interaksi belajar yang kondusif memperoleh nilai rata-rata 2.34 tergolong dalam kategori tidak efektif. Dan ketujuh, diagnosis kesulitan belajar memperoleh nilai rata-rata 2.746 tergolong dalam kategori kurang efektif. Dengan demikian, jumlah total rata-rata dari seluruh indikator memperoleh nilai 2.7374 tergolong dalam kategori kurang efektif. Sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring di masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar tersebut dinyatakan kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Covid-19.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Sarah Rahma
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:30
Last Modified: 20 Sep 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item
View Item