Identifikasi Problematika Pelaksanaan Kuliah Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)”.

Fatanah, 170402026 (2021) Identifikasi Problematika Pelaksanaan Kuliah Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)”. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Identifikasi Problematika Pelaksanaan Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Identifikasi Problematika Pelaksanaan Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19)
Fatanah, 170402026, FDK, BKI, 085217320966.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi khususnya mahasiswa leting 2020 yang notabene tengah melaksanakan kuliah daring, mereka banyak yang mengeluh karena merasa kesulitan dalam melaksanakan kuliah daring. Hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat banyaknya problematika yag dirasakan mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring. Hal ini dapat merugikan mahasiswa yang bersangkutan mengingat bahwa kuliah daring ini merupakan solusi agar pembelajaran dalam perkuliahan tetap berlangsung walaupun tidak secara langsung selama pandemi covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut maka fokus penelitian adalah “Identifikasi Problematika Pelaksanaan Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui problematika yang dihadapi mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Islam dalam melaksanaan kuliah daring pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui solusi yang diberikan oleh prodi dalam menyikapi problematika yang dirasakan oleh mahasiswa prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi saat melaksanaan kuliah daring pada masa pandemi Covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi ,wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, yang selanjutnya akan dilakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring adalah mereka kesulitan pada jaringan internet, mahalnya kouta, tugas yang diberikan oleh dosen terlalu banyak, dan kebanyakan dari responden mengatakan kurang memahami materi yang disampaikan oleh dosen yang mengajar. Hal tersebut membuat mahasiswa kesulitan dan menjadi permasalahan dalam melaksanakan kuliah daring.. Selanjutnya ketua prodi dan dosen sudah melakukan tindak lanjut untuk menyikapi problematika yang dirasakan mahasiswa dengan membuat kontrak kuliah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak antara dosen dan juga mahasiswa serta memberikan toleransi kepada mahasiswa dalam mengirim tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fatanah Fatanah
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:06
Last Modified: 21 Sep 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18287

Actions (login required)

View Item
View Item