Peranan Pembina dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghaffur Kota Banda Aceh

Desi Susanti, 170402092 (2021) Peranan Pembina dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghaffur Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Peranan Pembina dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghaffur Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peranan Pembina dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghaffur Kota Banda Aceh)
Desi Susanti, 170402092, FDK, BKI, 082210453925.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Anak adalah amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang tua. Orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan pola kepribadian anak. Salah satu upaya dalam pembentukan karakter dan kepribadian tersebut adalah membangun kepercayaan diri pada anak karena kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Namun pada kenyataannya tidak semua anak beruntung mendapatkan keluarga yang utuh dalam perjalanan hidupnya. Berbagai macam musibah dan konflik terjadi sehingga membuat anak harus terpisah dari keluarganya dan tinggal di Panti Asuhan. Oleh karena itu untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak di Panti Asuhan membutuhkan dorongan dari pembina sebagai pengganti orang tua. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri anak di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghaffur (BTRG) Kota Banda Aceh, Faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpercayaan diri anak di Panti Asuhan BTRG Kota Banda Aceh dan upaya yang dilakukan oleh pembina dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di Panti Asuhan BTRG Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 6 (enam) orang anak dan 3 (tiga) orang pembina, dengan pertimbangan dan kriteria tertentu yang dipilih oleh peneliti sendiri. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa : (1) Kepercayaan diri anak di Panti Asuhan BTRG Kota Banda Aceh masih belum memiliki kepercayaan diri yang baik. (2) Faktor yang menyebabkan ketidakpercayaan diri anak di Panti Asuhan BTRG Kota Banda Aceh yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dilakukan pembina dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di Panti Asuhan BTRG Kota Banda Aceh yaitu, pembina membuat pogram rutin seperti pogram muhazarah dan perlombaan-perlombaan lainnya seperti mushabaqah, kemudian pembina melatih anak-anak tampil di depan umum dengan membiasakan anak-anak untuk mempresentasikan pelajaran di depan kelas secara rutin, selain itu pembina juga memberikan bimbingan, nasehat, serta memotivasi anak agar terbangunnya rasa percaya diri dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Desi Susanti Desi
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:06
Last Modified: 21 Sep 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18288

Actions (login required)

View Item
View Item